Biaya Servis Berkala BMW di Bengkel Spesialis

Aditya Maulana - Senin, 28 November 2016 | 15:35 WIB

Jakarta, Otomania - Pengguna mobil BMW yang usia pakainya di atas lima tahun, banyak yang melakukan servis berkala di bengkel umum atau spesialis. Alasan utamanya, bisa lebih murah, ketimbang dilakukan di bengkel resmi.

Lantas, biasanya berapa biaya yang harus dikeluarkan pemilik BMW yang melakukan servis berkala di bengkel spesialis?

Son, mekanik dari salah satu bengkel spesialis BMW di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat, lantai 5 mengatakan, biaya tergantung dari model. Namun, sudah pasti di atas Rp 2 jutaan.

"Kalau jasanya saja per mobil, jika ganti oli, dan pengecekan komponen ringan ketika servis berkala sekitar Rp 300.000-an," ujar Son saat ditemui Otomania pekan lalu.

Menurut Son, untuk BMW Seri-3 pada umumnya sekitar Rp 2 hingga Rp 3 jutaan. Sedangkan Seri-5, dan model di atasnya biayanya ada di angka lebih dari Rp 3 jutaan.

"Kita gantikan oli sesuai spesifikasi, dan juga pemeriksaan komponen. Kalau ada yang rusak, coba kita perbaiki, tidak langsung kita ganti. Itu juga bedanya servis di bengkel resmi dan spesialis," kata dia.

Son menambahkan, mobil yang datang untuk servis rutin, biasanya yang usia pakainya lebih dari lima dan 10 tahun. Proses pengerjaannya pun sekitar dua hingga tiga jam.

"Tergantung dari banyak atau tidaknya mobil. Sebab, kalau servis berkala, hanya sekedar ganti oli, membersihkan filter-filter, dan beberapa komponen lain pada mesin. Lain lagi dengan turun mesin atau mengalami kerusakan lainnya, biasa lebih mahal dan lama," ujar Son.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa