Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Audio Mobil Harus Pas, Jangan Malah "Norak"

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 18 November 2016 | 15:35 WIB

Jakarta, Otomania – Bagi pemilik mobil yang mengedepankan kualitas hiburan, tata suara bawaan pabrikan kadang tidak memenuhi selera. Untuk mendapatkan kualitas suara yang diinginkan, modifikasi audio jadi pilihannya.

Namun terkadang pemula yang mau memodifikasi audio sering kebingungan untuk memulai langkah pertama modifikasi. Padahal, untuk memodifikasi audio bisa memakan banyak biaya, bila pemilik tidak mengetahui apa yang diinginkan.

“Sebenarnya memulai audio itu ada beberapa tahapan. Paling pertama apa yang dia inginkan, maksudnya, aliran musik apa yang ia ingin dengar,” ucap Arie, pegiat modifikasi audio ketika ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Beragam aliran seperti pop, rock, klasik, jazz, terkadang membutuhkan pengaturan yang berbeda. Ini kembali ke selera masing-masing pemilik mobil.

Langkah kedua adalah melihat ruang yang disediakan oleh mobil. Bila ruang luas tidak jadi masalah bila pemilik ingin menempatkan sistem audio yang beragam. Namun bila ruang yang tersedia kecil harus memperhitungkan fungsi lain.

“Bisa jadi kebutuhan ruang untuk yang sudah berkeluarga dan mahasiswa berbeda. Bila sudah berkeluarga, kebutuhan bagasi penting. Modifikasi jangan sampai menghilangkan bagasi,” ucap Ariel yang karyanya pernah memenangi kejuaraan audio nasional ini.

Selanjutnya yang cukup penting adalah dana yang tersedia. Gunakan dana tersebut semaksimal mungkin. Bila ternyata kurang, modifikasi dapat dilakukan secara bertahap. 

“Modifikasi yang tidak terburu-buru hasilnya dijamin lebih bagus. Perlahan-lahan saja, sesuaikan dana yang tersedia,” ungkap Ariel.

Terakhir, pastikan desain dari modifikasi audio disesuaikan dengan kapasitas dan fungsi. Ini untuk menghindari kesan norak atau berlebihan serta memaksimalkan ruang di dalam kabin kendaraan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa