"Dosa" Biasakan AC dan Audio Terus Menyala

Stanly Ravel - Selasa, 13 September 2016 | 15:06 WIB

Jakarta, Otomania - Kebiasaan tidak mematikan audio dan air conditioner (AC) saat akan mematikan mesin mobil, ternyata memiliki dampak buruk. Meski terlihat sepele namun bila kebiasaan mematikan AC dan audio, bisa mambantu umur aki lebih awet.

Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan bahwa bila posisi AC dan audio tetap pada saat posisi menyala (On), maka membuat kerja aki lebih berat saat awal menghidupkan mesin mobil.

"Angkatan aki jauh lebih berat dari awalnya, karena selain menyalurkan daya untuk starter, aki juga harus mengirim daya ke audio dan AC. Beban kerja aki jadi berlipat-lipat," ucap Anjar kepada Otomania, Selasa (13/9/2016).

Anjar menjelaskan, kondisi ini akan berbahaya bila sering dilakukan, terlebih bagi mobil yang jarak tempuhnya tidak terlalu jauh. Artinya, mobil yang memiliki jarak tempuh pendek, membuat pengisian daya ke aki tidak maksimal.

Kondisi tersebut bisa memperpendek umur aki, bila dibarengi dengan kebiasaan buruk yang selalu membiarkan AC dan audio tetap aktif ketika mematikan mesin mobil.

"Secara ketentuan memang tidak ada keharusan mematikan audio dan AC, tapi untuk menjaga aki lebih awet baiknya dilakukan secara prosedur saja," kata Anjar.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa