Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Tingkatkan Kualitas Audio Mobil

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 18 Oktober 2016 | 13:05 WIB

Jakarta, Otomania – Perangkat audio dalam mobil menjadi bagian yang menemani pengemudi dalam perjalanan. Bicara soal kualitas perangkat hiburan ini, sebagian orang menilai perangkat audio bawaan pabrik belum memuaskan.

Bagi kelompok yang merasa belum puas dengan perangkat audio tambahan, pilihan yang tersedia adalah belanja sistem audio aftermarket di pasaran. Saat ini beragam merek dan model audio membanjiri pasaran dengan rentang harga yang dapat dipilih.

“Namun bagi pemilik yang hendak meningkatkan kualitas audio kendaraannya tanpa mengganti perangkat audio pabrikan ada acara yang bisa dilakukan. Cukup menambahkan perangkat processor pada sistem audio kendaraan,” ucap Budi dari bengkel Nur Maras, Jatiwaringin saat ditemui Otomania, Senin (17/10/2016).

Processor yang tersedia di pasaran ada yang sudah dilengkapi dengan pre-amp, LCD pengontrol, remote control, mikrofon binatural serta CD instalasi. Instalasi cukup menghubungkan perangkat head unit dan speaker pada processor sehingga dapat menyalurkan frekuensi ke seluruh bagian mobil.

Pada perangkat processor juga terdapat tambahan menu equalizer, cross over serta time correction untuk memaksimalkan kualitas audio kendaraan tersebut. Bila pada perangkat standar biasanya menawarkan pengaturan 13 band, dengan tambahan processor bisa menjadi 31 band.

“Dulu pemasangan processor itu sesuatu yang rumit. Saat ini beragam produk menawarkan kemudahan pemasangan. Pengaturan bahkan bisa dilakukan dari perangkat gadget masing-masing,” ucap Budi.

“Kebanyakan tipe pembeli juga biasanya ingin sesuatu yang belum ada di mobilnya. Jadi pilihannya untuk memaksimalkan kualitas audio ke penambahan processor. Saat ini di pasaran harganya bervariasi, mulai Rp 4 jutaan sampai puluhan juta,” tambah Budi.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa