Begini Kebiasaan Buruk yang Bikin Pendek Umur Audio

Stanly Ravel - Selasa, 13 September 2016 | 11:05 WIB

Jakarta, Otomania — Perangkat head unit pada mobil sudah menjadi fitur yang wajib dimiliki untuk sarana hiburan. Sayangnya, banyak kebiasaan buruk pemilik mobil yang tanpa disadari bisa membuat umur head unit dan perangkat audio lainnya lebih singkat.

"Salah satu yang paling sering sekali dilakukan adalah tidak mematikan audio lebih dulu saat akan mematikan mobil. Meski terlihat sepele, dampaknya besar," ucap Rochim dari CAS Audio kepada Otomania beberapa waktu lalu.

Menurut dia, dengan memosisikan head unit pada posisi menyala (on) saat mematikan mobil, itu bisa membuat perangkat audio mudah rusak. Penyebabnya adalah kelebihan arus listrik yang diterimanya saat menghidupkan mobil.

"Ketika mobil akan distarter, akan terjadi lompatan arus listrik yang besar. Arus ini bisa saja menghantam perangkat audio, mulai dari head unit sampai speaker," katanya.

Selain itu, Rochim mengingatkan untuk pemilik mobil, khususnya yang sudah meng-upgrade sistem audionya, untuk selalu memperhatikan kondisi aki. Arus listrik sangat berperan pada head unit. Bila aki sudah soak, itu membuat daya arus tidak stabil yang membuat kinerja audio termasuk head unit terganggu.

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa