Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Deteksi Dini Masalah Motor dengan Cara Ini

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 12 Oktober 2016 | 13:02 WIB

Jakarta, Otomania – Salah satu tanda yang digunakan untuk mengetahui apakah sepeda motor mengalami masalah adalah melalui suara. Suara yang tidak biasa, yang tiba-tiba muncul bisa menjadi tanda awal bagi pemilik motor mengenai kondisi kendaraanya.

“Tanda kerusakan biasanya dari suara atau noise. Biasanya ada abnormal noise atau suara yang hadir diluar suara normal. Ini jadi tanda salah satu komponen butuh perhatian,” ucap Sriyono, Technical Training Analysis Astra Honda Motor (AHM) saat dihubungi Otomania beberapa waktu lalu.

Sriyono mengungkapkan, dua bagian yang bergerak dan bersinggungan biasanya menimbulkan bunyi. Ini terjadi karena adanya clearance atau jarak antara dua komponen tersebut. Ada yang longgar ada yang mepet.

“Kalau longgar dari jarak normal biasanya menimbulkan suara kasar. Kalau terlalu mepet biasanya mendesing atau dengung. Ini yang menimbulkan suara dan jadi penilaian awal komponen tersebut butuh perhatian,” ucap Sriyono.

Contohnya camchain atau rantai kamrat. Biasanya timbul suara dari mesin saat langsam. Bila mendesing artinya lifter tensionernya terlalu kencang. Suara kasar artinya kendor, bisa dari rantai atau lifter tensioner juga.

Contoh lain adalah bearing. Jika kondisinya sudah aus suaranya kasar. Begitu juga sebaliknya jika terlalu mepet, suaranya berbeda.

“Pokoknya jangan ada suara di luar suara normal. Jika ada suara berbeda cek segera ke bengkel terdekat,” ucap Sriyono.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa