Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi HR-V, Bikin Suara Jernih Tanpa Subwoofer

Stanly Ravel - Jumat, 29 Juli 2016 | 16:35 WIB

Jakarta, Otomania - Modifikasi mobil tidak harus soal tampilan saja, tapi bisa juga dengan memaksimalkan piranti sistem audio. Contohnya seperti Honda HRV 1.8 Prestise lansiran 2016 karya CAS Audio yang menghasilkan suara indah tanpa harus menggunakan subwoofer.

Bormodalkan headunit standar Rochim punggawa CAS Audio berusaha merombak karkater audio HR-V lebih nikmat untuk didengar. Pengembangan dilakukan dengan konsep Sound Quality alias SQ, tuntutan ini membuatnya melakukan perubahan besar di beberapa sektor serta penambahan komponen pendukung.

Hal pertama yang dilakukan adalah menelanjangi seluruh kabin mobil. Mulai dari jok, sampai karpet bawah dan platfom atas. Tujuannya untuk menguliti dan memasang ulang piranti peredaman agar kabin lebih kedap dan senyap.

"Supaya benar-benar hening, peredam kami maksimalkan lagi. Bukan ditiban, tapi diganti pakai peredam lain hampir di seluruh sektor dengan menggunakan Genetic Alumunium," ucap Rochim kepaa Otomania, Jumat (29/7/2016).


Beberapa komponen tambahan ikut disematkan. Mulai dari speaker Focal BE Berilium dengan kombinasi Mid Bass SB Acoustic yang diletakan pada kedua pintu depan, Power Harmonic Drive A600 dua unit yang disematkan di kolong bangku baris pertama, serta Processor Alpine PXA H701.

Guna mengantarkan tenaga yang maksimal agar suara lebih kuat, kabel juga ikut "diurut" kembali. Untuk speaker Rochim mempercayakan kabel dari Acoustic Zen yang dikombinasikan dengan kable CRA Tchernov.


"Perbedaanya cukup jauh dengan standar, bisa dirasakan sendiri meski tanpa ada bantuan subwoofer. Panggung staging dan imaging-nya juga kokoh dan terkesan mewah. Untuk total biaya seluruhnya kira-kira habis RP 50 juta," papar Rochim.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa