Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pajero Ini Pakai Audio Senilai Rp 220 Juta

Stanly Ravel - Jumat, 3 Juni 2016 | 09:12 WIB

Jakarta, Otomania - Bila biasanya modifikasi dilakukan pada mobil yang sudah digunakan satu atau dua tahun, lain halnya dengan All New Pajero Sport Dakar yang digarap oleh Rochim dari CAS Audio. Belum turun plat nomor polisi, SUV ini sudah langsung mengenakan sistem audio bertaraf sound quality (SQ) dan menghabiskan dana sebesar Rp 220 juta.

Modifikasi audio yang dilakukan tidak main-main, demi mengejar suara terbaik perangkat full system kompetisi dilakukan oleh Rochim. Tapi konsekuensinya harus mengorbankan tempat duduk dan ruang bagasi di baris ketiga yang disulap menjadi ruang instalasi.


"Orang yang punya minta bikin SQ, tapi tidak mau tanggung-tanggung pakai barangnya, jadi kalau diperhatian semua perangkatnya sudah full system kompetisi," ujar Rochim kepada Otomania, Rabu (1/6/2016).

Pengerjaan diawali dengan membongkar semua jok untuk membuat jalur kabel serta dudukan ruang instalasi di bagian belakang. Setelah itu bagian firewall, dek bawah, dan mesin ikut ditambahkan lapisan peredam untuk meminimkan suara bising dari segala sektor.


Perangkat instalasi yang digunakan memang cukup berkelas, mulai dari proccessor PXA H800, kabel RCA, sampai dukungan dari tiga unit power Focal yang terdiri dari, FPS 4160, FPS 3000 RX, dan FPS 2300 RX. Untuk penghasil kualitas suara, di benamkan speaker 3 way Beryllium mulai dari sektor depan dan tengah, sedangkan bagian belakang ditunjang dengan subwoofer Focal 33 WX.

Untuk mengimbangi sistem audio, head unit standar bawaan pabrik dilepas dan digantikan dengan kepunyaan Alpine dengan seri INE 957. Bicara soal fitur, head unit layar sentuh ini cukup memiliki segudang aplikasi yang bisa memanjakan pengendaranya, bahkan rear camera monitor pun sudah menjadi perangkat standarnya.

Penumpang di baris kedua juga dijamin tidak akan bosan berlama-lama di dalam kabin. Tepat di belakang kedua jok baris pertama sudah dilengkapi dengan head rest monitor DG One dengan dimensi 9 inci.


"Pajero baru meski bermesin diesel tapi suara cukup halus, sistem peredam standarnya juga cukup baik jadi hanya ditiban sedikit saja. Secara tampilan mobil ini memang standar, tapi urusan audio jauh dari versi standar. Total biayanya sekitar Rp 220 juta," ucap Rochim.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa