Modal Murah Bikin Calya Lebih Berkelas

Stanly Ravel - Rabu, 14 September 2016 | 07:36 WIB

Jakarta, Otomania — Tidak puas dengan bentuk logo standar, pengguna MPV berbasis "mobil murah" yang tergabung dalam Calya Sigra Community (Calsic) mengakalinya dengan mengganti logo asli bawaan. Caranya pun cukup mudah, tanpa perlu keahlian khusus atau pergi ke bengkel.

Ade Habibie, selaku pendiri Calsic, menjelaskan bahwa pergantian logo dilakukan karena bentuk aslinya yang seperti tidak "niat bikin".

"Seperti burung lagi nyerah, kalau dibuat miring malah lebih bagus karena mirip Harier," ucap Ade dalam keterangan resminya, Selasa (13/9/2016).

Habibie sendiri akhirnya mengganti logo Garuda pada Calya dengan logo Toyota kepunyaan Toyota Grand Avanza Veloz. Sekadar informasi, sebenarnya mau diganti logo model lain seperti Lexus dan Vellfire pun bisa dilakukan selama ukurannya pas.

"Saya sudah ganti, untuk ukuran paling pas itu 15 x 10 cm. Logonya asli beli di Auto2000 sebesar Rp 105.000, jadi tidak khawatir cepat menguning seperti logo aftermarket," kata Ade.


Nah, bagi pemilik Calya dan Sigra yang mau mengganti logo, Habibie menjabarkan proses pengerjaannya bisa dengan mudah dilakukan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat yang dibutuhkan, seperti obeng munus kecil (tespen), lap penyerap air atau berbahan lembut, gunting, lalu double tape 3M khusus outdoor.

Setelah itu, perhatikan langkah-langkahnya:

- Pertama, lapisi obeng minus dengan lap yang sudah disediakan, kemudian congkel di sudut-sudut logo garuda.
- Kemudian, setelah logo bisa terangkat sedikit, buka lapnya dan lanjutkan dengan obeng minus lagi tanpa lap dan takut lecet.
- Setelah logo garuda dibuka, dilanjut dengan memasang double tape 3M khusus outdoor pada Logo Toyota Grand Avanza Veloz. Kenapa harus ditambah double tape? Karena walaupun ukuran sama, bentuk kaitannya agak berbeda sehingga longgar ketika dipasang. Dengan ditambahkan double tape, itu akan lebih kuat.
- Setelah dipasang double tape 3M, tinggal pasang Logo Toyota tersebut ke dudukan logo garuda yang lama.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa