Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

"Naik Motor Listrik seperti Mainan, tetapi Harus Hati-hati"

Stanly Ravel - Jumat, 2 September 2016 | 18:05 WIB

Jakarta, Otomania — PT Astra Honda Motor (AHM) mendukung program Uji Coba Perilaku Berkendara Sepeda Motor Listrik di Jakarta dengan dua unit Honda EV Neo. Beda dengan skutik konvensional, salah satu ciri khas motor listrik adalah suaranya yang sangat senyap.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartono, yang sempat mencoba langsung mengendarai motor itu, mengimbau para pengendara motor listrik harus berhati-hati.

"Kalau motor biasa yang bensin ada kopling, gasnya sedikit keras, lalu ada suara. Nah, ini berbeda karena tidak ada suara dan lebih ringan. Otomatis dari segi kehati-hatian harus lebih, ini kan juga bisa di jalur lalu lintas umum," kata Pudji kepada wartawan, Jumat (2/9/2016).

Menurut dia, motor listrik ibarat sebuah mainan yang memiliki bobot cukup ringan. Namun, dalam kenyataannya, nanti saat motor dikendarakan di jalur umum, masyarakat harus ekstra hati-hati karena sudah melibatkan orang di sekitarnya.


Ketika ditanyakan soal kenyamanan, menurut dia, Honda EV Neo cukup nyaman sebagai sebuah motor listrik.

"Sangat nyaman karena tidak ada suara dan noise, lalu ringan. Tinggal masalah kebiasaan saja, kalau sudah biasa pakai, ya pasti tingkat kehati-hatiannya sudah dimiliki," ujar Pudji.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa