Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Persiapan Motor Listrik Gesits Sebelum Produksi Massal

Aris F Harvenda - Selasa, 10 Mei 2016 | 12:48 WIB

Surabaya, Otomania -Skuter listrik hasil garapan Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang diperkenalkan di Surabaya, Selasa (3/5/2016), terus dikembangkan. Rencana motor bernama Gesits tersebut ditargetkan mulai produksi massal 2017.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum proses tersebut. Ketua Proyek Gesits Muhammad Nur Yuniarto mengatakan, sebelum masuk produksi, tahap selanjutnya adalah pengetesan.

"Kami akan tes jalan minimal 3.000 km. Juga akan ada tes keselamatan, kondisi ekstrem, dan sebagainya sebelum diserahkan ke Garansindo," ucap Nur seperti dilansir KompasOtomotif Selasa (3/5/2016).

Langkah selanjutnya adalah finalisasi desain sebelum masuk pabrik. Urusan desain final ini akan diserahkan ke Garansindo karena dianggap lebih mumpuni dalam hal pemasaran.

Kendaraan listrik

Head of Gesits Harun Sjech mengatakan, alasan Garansindo memilih mengembangkan kendaraan listrik, karena teknologi ini masih baru. Jika harus bersaing di segmen kendaraan konvensional, teknologi negara-negara maju akan membuat Indonesia tertinggal jauh.

“Justru dengan sepeda motor listrik, semua negara di dunia masih mengembangkannya. Jadi, kita bisa bersaing dengan baik,” kata Harun.

Terkait produksi massal, saat ini perusahaan tengah mempersiapkan proses manufaktur untuk Gesits. Persiapan pabrik masih dalam pembahasan, rencananya akan dirakit memaksimalkan pasokan komponen lokal.

“Rencananya pabrik akan ada di Jabodetabek, tetapi tepatnya di mana, masih dalam tahap proses persiapan,” ucap Harun.

Terpenting, lanjut Nur, adalah dukungan pemerintah dalam hal regulasi. Sampai saat ini, Indonesia masih belum memiliki regulasi baku untuk kendaraan listrik. Supaya protipe anak bangsa ini tidak terbengkalai, pemerintah wajib melakukan langkah kongkret.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa