Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

ITS Bersama Garansindo Patenkan Teknologi Sepeda Motor Listrik

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 27 Agustus 2015 | 13:03 WIB

Jakarta, Otomania - Impian Indonesia punya sepeda motor asli merek dan buatan lokal bisa segara terwujud. Adalah inisiasi kerja sama antara PT Garansindo Inter Global (GIG) dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang memprakarsai. Prototipe sepeda motor listrik ini sudah dipamerkan di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Muhammad Al Abdullah, CEO PT GIG mengatakan, produk sepeda motor listrik hasil kerja sama Garansindo dan ITS diharapkan tidak hanya bisa bersaing ke pasar domestik tapi juga di luar negeri. Saat ini sudah hampir semua teknologi sudah dipatenkan, sedangkan sisanya tiinggal menunggu waktu.

"Kita sudah mematenkan hampir di semua bagian-bagian penting sepeda motor listrik ini seperti drivetrain dan monitoring system, diharapkan nantinya 80 persen adalah hasil dari buatan lokal. Tapi memang untuk komponen baterai masih kita ambil dari Jepang ataupun Cina," ujar pria yang akrab disapa Memet ini, Rabu (27/8/3015).

Memet melanjutkan, karena ingin bisa bersaing di pasar lokal, sehingga strategi penentuan harga akan dibuat kompetitif, berkisar Rp 15 jutaan. "Kami bersama ITS,  terus berupaya untuk mencapainya," ujar Memet.

Grangsang Soetyaramadhani, salah satu anggotoa riset yang bertanggung jawab mengembangkan monitoring system mengatakan, dalam program ini ITS bertanggung jawab untuk pengembangan riset diantaranya, drivetrain, motor listrik, motor roller, battery pack, monitoring sistem, dan baterai management system.

"Kami sebagai insitusi pendidikan bertanggung jawab menguasai teknologi, mengembangkan drivetrain (sistem penggerak) dan komponen lainnya. Sedangkan Garansindo sebagai pihak swasta  nantinya akan bertanggung jawab di sisi branding dan marketing," ujar Grangsang.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa