Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

AISI Belum Lirik Motor Listrik

Aditya Maulana - Selasa, 28 Juni 2016 | 12:35 WIB

Jakarta, Otomania – Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata, memandang sepeda motor listrik bukan menjadi pilihan atau alternatif, bagi masyarakat di Tanah Air. Sebab, jika dilihat dari sasaran konsumen belum masuk dan infrastruktur juga tidak mendukung.

“Mau mengembangkan motor lsitrik tujuannya untuk apa? Menekan angka kecelakaan, polusi? Itu bisa saja, tetapi jika menggantikan motor mesin konvesional, saya pikir bukan jawabannya,” kata Gunadi menjawab pertanyaan Otomania, di Jakarta akhir pekan lalu.

Gunadi melanjutkan, ke depan, tren memang akan menuju kearah itu. Tetapi, tidak mudah, karena membutuhkan waktu yang lama dan juga infrastruktur yang memadai. Namun, dalam beberapa tahun, motor dengan bahan bakar minyak (BBM) masih menjadi pilihan masyarakat.

“Secara teknologi juga motor listrik masih mahal, harganya juga seperti itu, jadi belum bisa popular di Indonesia,” ucap Gunadi.

Belakangan ini, PT Gransindo Inter Global dan Institut Teknolologi Sepuluh November (ITS) telah memamerkan motor listrik bernama Gesits. Perkenalan pertama dihadiri sejumlah pejabat tinggi negara, seperti Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan (Ristek dan Dikti) Tinggi, Muhammad Nasir, Rektor ITS Joni Hermana, dan jajaran Direksi Garansindo.

Nama Gesits sendiri merupakan akronim dari, Garansindo Electric Scooter ITS. "Produk ini merupakan bukti kalau anak bangsa Indonesia mampu mengembangkan teknologi maju di dunia otomotif," ucap Muhammad Al Abdullah, CEO Grup Garansindo.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa