Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Diam-diam Siapkan Sepeda Motor Listrik

Donny Apriliananda - Senin, 30 Mei 2016 | 12:39 WIB

Jakarta, Otomania – PT Astra Honda Motor (AHM) sudah lama berancang-ancang melahirkan sepeda motor listrik pada 2018 mendatang. Produk dan teknologinya sudah ada, tinggal dilakukan sedikit pengembangan untuk mendapatkan kesimbangan fungsi dan harga.

Johannes Loman, Wakil Presiden Direktur Eksekutif AHM dalam sebuah kesempatan belum lama ini mengatakan bahwa sukses tidaknya motor listrik sangat tergantung pada baterai.

”Honda sendiri sudah dan terus mengembangkan baterinya (motor listrik), supaya powerfull, jangkauannya panjang (jarak tempuh), tapi harga terjangkau. Ini yang agak berlawanan dan sulit dilakukan,” ujar Loman.

Loman menambahkan, saat baterai didesain powerfull, namun jarak tempuh tak begitu jauh. Kalau didesain jauh dan powerfull, tapi harga akan melambung. Permasalahan ini bak dilema buat produsen baterai dan kendaraan listrik.

”Tapi saya yakin, suatu saat teknologi baterai yang kuat, bertenaga, tapi murah, pasti akan ditemukan. Karena ini ada hubungannya dengan faktor harga,” ucap Loman.

Timeline AHM, lanjut Loman, tetap pada yang sudah dicanangkan, yakni 2018. Tidak disebutkan model yang akan meluncur, namun dari bisikan sumber Otomania, motor listrik Honda yang dijual nanti bakal mengadopsi model bebek.

”Ini bukan target dari AISI, tapi AHM saja. Saya rasa masing-masing merek juga punya timeline sendiri, karena mau nggak mau, teknologi akan dituntut terus berkembang,” kata Loman.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa