Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Salah Kaprah, Begini Cara Benar Starter Mobil Masa Kini

Stanly Ravel - Jumat, 2 September 2016 | 08:45 WIB

Jakarta, Otomania — Beda dengan mobil lawas, mobil modern yang menggunakan injeksi saat ini sudah memiliki sistem komputerisasi yang cukup canggih. Salah satunya seperti malfunction indicator lamp (MIL) yang dijumpai saat mobil akan distarter.

Ketika kunci sudah di posisi "On", semua indikator pada speedometer akan menyala dan pada mobil mewah biasanya diikuti oleh jarum speedometer yang naik lalu kembali normal.

Nah, kebiasaan menghidupkan mobil tanpa menunggu MIL kembali ke posisi normal ternyata bisa memicu terjadinya kerusakan pada beberapa komponen pada mobil.

Executive Coordinator Technical Service Division ADM Anjar Rosjadi menjelaskan, kebiasaan menghidupkan mesin tanpa memberikan jeda MIL kembali normal, memiliki dampak buruk bila sering dilakukan.

"Efek secara langsung memang tidak ada, tetapi bila terus-menerus dilakukan bisa membuat motor starter menjadi rusak," ucap Anjar kepada Otomania, Kamis (1/9/2016).

Anjar menjelaskan, saat MIL menyala sebenarnya dibarengi dengan sistem injeksi yang sedang bekerja menyuplai bahan bakar. Motor starter akan menunggu proses tersebut selesai baru mesin bisa dinyalakan secara optimal.

"Biasanya kalau suplai bahan bakar belum naik, kerja motor starter saat menghidupkan mobil akan lebih berat. Tanpa disadari, hal ini membuat efek jangka panjang yang bisa memperpendek umur komponen tersebut," kata Anjar.

Sebelumnya, Logistic and Production General Manager PT Kia Mobil Indonesia (KMI) Arifani Perbowo juga pernah menjelaskan mengenai hal tersebut. Meski tidak memiliki efek langsung, kebiasaan tersebut juga bisa memicu aki cepat soak.

"Kalau injeksi belum mengisi, otomatis membuat aki bekerja ekstra di angkatan awal yang berdampak buruk bila dilakukan terus-menerus," ucap Arifani beberapa waktu lalu.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa