Cara Parkir Aman di Area Menurun

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 29 Juli 2016 | 12:03 WIB

Jakarta, Otomania – Bagi pemilik mobil dengan transmisi otomatis, momen saat sedang parkir tentu jarang menemui masalah terutama di keadaan jalan yang datar. Namun lain cerita ketika parkir harus dilakukan di jalan yang menurun atau tanjakan.

“Saat berhenti atau hendak parkir di jalan menurun dan tanjakan selain menggunakan rem tangan, pastikan posisi tuas transmisi pada P (parking). Posisi P digunakan untuk tambahan keamanan,” ucap Dolf Valentino, Service Manager Daihatsu Pangeran Jayakarta saat dihubungi Otomania, Kamis (28/7/2016).

Pada saat transmisi berada di posisi P, pengunci transmisi aktif mengunci komponen transmisi kendaraan. Ini membuat keempat roda tidak bisa bergerak.

Selain itu, saat parkir di kondisi jalan tidak rata baiknya membelokkan roda ke arah trotoar. Cara ini merupakan upaya pencegahan jika mobil bergerak dengan sendirinya tidak akan menabrak kendaraan lain atau bergerak jauh dari posisi parkir.

“Jadi keamanannya ada dua. Pakai posisi transmisi P juga dengan membelokkan roda ke arah trotoar. Logikanya jika mobil nanti bergerak sendiri, mobil tidak menabrak kendaraan lain atau bergerak jauh dari posisi semula serta tidak membahayakan orang lain,” ucap Dolf.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa