Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Cara Benar Mengganti Ban Mobil yang Kempis

Aditya Maulana - Rabu, 31 Agustus 2016 | 12:45 WIB

Jakarta, Otomania — Salah satu kejadian yang sering menimpa pengguna mobil ialah mengalami ban kempis ketika di tengah perjalanan. Jika sudah seperti itu, jangan paksa mobil tetap berjalan karena selain merusak, juga dapat menyebabkan kecelakaan.

Sebaiknya, Anda segera menepi dan menggantinya dengan ban cadangan yang sudah tersedia di masing-masing mobil. Namun, tahukah Anda bagaimana cara mengganti ban kempis yang benar?

Jika belum tahu, tidak ada salahnya untuk menyimak ulasan berikut ini yang dipaparkan di buku pedoman kepemilikan mobil Toyota.

Langkah utama, sebelum mendongkrak, hentikan mobil di tempat aman dan permukaan yang keras dan rata. Pasang rem parkir dan jika transmisi manual, posisikan tuas transmisi ke R, jika matik, maka ke posisi P.

Setelah itu, ganjal ban secara menyilang dengan ban yang kempis. Mobil dengan pelek baja, lepas ornamen roda menggunakan kunci mur pelek. Kendurkan sedikit demi sedikit mur tersebut sebelum dongkrak dipasang. Setelah mur kendor, baru pasang dongkrak.

Lepaskan semua mur pelek dan ban. Ketika merebahkan ban di atas tanah, letakkan desain permukaan pelek menghadap ke atas untuk menghindari goresan.

Terakhir, ganti ban kempis tersebut dengan yang normal. Cara memasangnya sama saja seperti pada saat awal membuka mur pelek.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa