Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pentingnya Adaptasi Ban di Mobil Baru

Stanly Ravel - Rabu, 31 Agustus 2016 | 09:25 WIB

Jakarta, Otomania — Pemilik mobil baru wajib melakukan adaptasi saat mobil tersebut baru datang dari diler. Selain memahami semua fitur serta posisi berkendara yang nyaman, melakukan adaptasi pada ban kendaraan ternyata juga perlu.

Logistic and Production GM Kia Mobil Indonesia (KMI) Arifani Perbowo menjelaskan, ban di mobil baru tidak kalah penting menjalani masa adaptasi untuk mendapatkan suhu terbaiknya.

"Mobil baru otomatis bannya juga baru. Kondisi ban baru memiliki temperatur suhu yang belum maksimal. Hal ini membuat karet ban belum elastis sehingga tidak bisa menapak dengan sempurna," ucap Arifani kepada Otomania, Minggu (28/8/2016).

Agar ban bisa menapak dengan sempurna, menurut Arifani, dibutuhkan temperatur tertentu. Kondisi ini bisa didapat saat pemilik mobil mulai melakukan perjalanan jarak dekat untuk proses adaptasi di 1.000 km pertama.


Selama masa tersebut, pemilik kendaraan harus menghindari untuk menginjak pedal gas lebih dalam, bahkan sebisa mungkin tidak melakukan pengereman mendadak. Hal ini memang terdengar sepele, tetapi bila tidak dilakukan bisa membuat kompon atau karet ban yang belum elastis mudah terkikis.

"Ketika ban belum menapak sempurna, tetapi mobil sudah dipakai ngebut bisa berbahaya. Daya cengkeram ban terhadap aspal belum "gigit" sehingga kemungkinan kehilangan traksi bisa saja terjadi," kata Arifani.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa