Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kebiasaan Ini Bantu Pengemudi Wanita Terhindar Kejahatan

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 25 Agustus 2016 | 08:33 WIB

Jakarta, Otomania — Berada di jalan raya membuka peluang untuk menjadi korban kejahatan, tidak terkecuali pengemudi wanita. Agar terhindar dari kejahatan, ada beberapa kebiasaan yang dapat dipelajari oleh para pengemudi wanita.

David Krav, instruktur pertahanan diri dari KAPAP Indonesia, mengungkapkan, terhindar dari tindak kejahatan dimulai dari kebiasaan dan perilaku yang dilakukan selama membawa mobil.

"Jadi, pengemudi wanita harus memperhatikan sekeliling. Tidak lupa hindari rutinitas dan siapkan metode di saat darurat. Latih terus supaya tidak menjadi sasaran kejahatan," ucap David dalam workshop safety driving beberapa waktu lalu.

Kebiasaan melewati jalan yang sama pada waktu yang sama memudahkan pengemudi wanita menjadi sasaran kejahatan. Gunakan rute berbeda setiap kali dan jam bepergian yang tidak sama agar bila merasa diikuti dapat terhindar dicegat di jalan.

Latih diri untuk bersikap sesuai prosedur jika terjadi keadaan darurat. Jika tahu akan pulang larut malam, tempatkan kendaraan di tempat yang ramai dan terang, bisa dekat pos satpam. Ini pencegahan tindak kejahatan bila pulang larut.

"Tempatkan diri terlihat banyak orang, saat menuju mobil dekat dengan penerangan. Kenali satpam di tempat kerja agar bisa meminta bantuan saat ada kondisi darurat," ucap David.

Terakhir yang terlihat sepele adalah komunikasikan keberadaan diri kepada orang-orang terdekat, misalknya sedang berada di mana lengkap dengan tujuan. Bisa gunakan fitur bagi lokasi yang sudah ada di perangkat genggam untuk memudahkan.

"Jadi, jangan cuma bilang mau pulang, mau berangkat saja, tetapi informasikan lengkap. Jadi, kalau terjadi sesuatu, orang-orang terdekat dapat tahu lokasi dan menolong," ucap David.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa