Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pengemudi Wanita, Perhatikan Ini Sebelum Naik Mobil

Setyo Adi Nugroho - Rabu, 24 Agustus 2016 | 08:45 WIB

Jakarta, Otomania — Pengemudi wanita kerap kali mempersiapkan beragam alat untuk melindungi diri dari kejahatan di jalan. Ada yang menggunakan semprotan merica ada juga yang menggunakan alat kejut listrik. Semua itu demi perlindungan diri.

Namun, sebenarnya hal yang paling penting dilakukan untuk menghindari jadi sasaran tindak kejahatan di jalan raya adalah mempersiapkan diri sendiri.

David Krav, instruktur keamanan KAPAP Indonesia, mengungkapkan, pertahanan diri dapat dipersiapkan dengan melakukan pemeriksaan pada keadaan sekitar mobil. Pemeriksaan bisa dimulai dari mengecek kondisi ban depan, mengelilingi kendaraan dan ban belakang.

"Kita harus perhatikan pada roda atau sekitar ada yang mengganjal tidak. Bisa jadi saat kita menjalankan mobil lantas ada bunyi sesuatu kita terpancing keluar kendaraan. Maka, pemeriksaan sebelum masuk itu penting," ucap David.

Setelah masuk ke dalam mobil, baiknya juga jangan menutup pintu dan memasang sabuk pengaman. Ini untuk menghindarkan jika ada orang yang berniat jahat berada di sekitar kendaraan pengemudi wanita dapat menyelamatkan diri.

"Jangan menutup pintu, biasanya dikira aman. Buka sedikit saja pintu dan nyalakan mesin, lalu pasang sabuk pengaman. Ini karena banyak kejahatan orang tiba-tiba muncul dari depan atau belakang atau bahkan di dalam mobil, kita bisa menyelamatkan diri. Urutannya masuk, nyalakan mesin, duduk pasang sabuk pengaman, dan jalan. Ini lebih baik ketimbang harus belajar pukul dan tendang," ucap David. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa