Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP Sentul Batal!

Aditya Maulana - Rabu, 13 Juli 2016 | 07:14 WIB

Jakarta, Otomania – Harapan Sirkuit Internasional Sentul yang ingin menjadi tempat penyelenggaraan MotoGP Indonesia tahun depan kandas. Sebab, penyelenggara balapan sepeda motor bergengsi tingkat dunia itu, Dorna Sport sudah mengirim surat resmi kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora Gatot S Dewa Broto mengungkapkan, surat tersebut merupakan jawaban dari Menpora yang pada 1 Juli 2016 mengirimkan surat kepada Dorna. Intnya, Dorna sudah menutup pintu bagi Sirkuit Sentul menjadi tempat berlangsungnya MotoGP Indonesia 2017.

“Karena berkali-kali diingatkan untuk mengirim master plan, sampai sekarang tidak dikirim juga oleh pihak Sentul,” kata Gatot saat dihubungi Otomania, Selasa (12/7/2016) malam.

Gatot melanjutkan, pemerintah juga tidak tahu kenapa pihak Sentul belum mengirimkannya kepada Dorna. Janjinya akan segera dikirim, namun sampai ada surat balasan dari Dorna, master plant tersebut belum juga dilayangkan.

“Pihak sentul bilangnya mau langsung berkomunikasi dengan pemerintah, kami (Kemenpora) hanya memfasilitasi saja. Tetapi, hasilnya seperti ini dan Dorna benar-benar tidak bisa memutuskan kalau MotoGP Indonesia tahun depan bisa berlangsung di Sirkuit Sentul,” ujar Gatot.

Inti surat Menpora kepada Dorna, lanjut Gatot, menginformasikan bahwa ada dua pilihan, selain Sentul, yakni Palembang di Jakabaring. Tetapi, karena tidak ada tanggapan cepat dari Sentul, maka kesempatan emas itu hilang begitu saja.

Sebelumnya, Irawan Sucahyono, Circuit Advisor Sentul, pernah mengatakan, sudah siap menggelar MotoGP 2017-2019. Sebab, pembiayaan pembangunan sirkuitnya sudah tidak lagi menggunakan uang negara, melainkan dari pihak swasta murni. Oleh karena itu, Menpora setuju dan kemungkinannya cukup besar.

“Karena kita tidak memberikan deadline, maka tunggu saja bagamana keputusan presiden. Kami berharap dalam waktu dekat ada kabar baik, agar bisa langsung melakukan renovasi sirkuit dan lain sebagainya,” ujar Irawan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa