Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki MotoGP Belajar dari Yamaha

Donny Apriliananda - Senin, 6 Juni 2016 | 17:12 WIB

Catalunya, Otomania – Menarik saat menyimak ulasan dari komentator MotoGP Matteo Guerinoni usai GP Katalan di Sirkuit Katalunya, Spanyol, Minggu (5/6/2016). Suzuki yang tampak impresif bersama Vinales dalam balapan itu dikatakannya melakukan langkah yang benar soal pengembangan motor.

Suzuki disebut sangat konsisten dalam pengembangan non-mesin. ”Lihat saat balapan, motor Suzuki itu lincah. Meliuk kanan-kiri tampak sangat ringan. Mereka mengikuti langkah Yamaha dalam pengembangan motor,” ucap Matteo.

Maksud Matteo, Suzuki pelan tapi pasti terus memperbaiki motor di sisi kelincahan. Mulai dari geometri, frame, dan sentralisasi bobot. Hal ini persis dilakukan Yamaha yang tak mengutamakan 100 persen kekencangan sepeda motor.

”Terlepas dari Vinales yang berhasil menyalip tapi melebar terus, itu memang dipaksakan. Vinales memberikan lebih dari 100 persen kemampuannya,” ujar pria Italia itu.

Matteo menyebut, langkah Yamaha yang diikuti oleh Suzuki itu sudah benar. Beda dengan Ducati yang bikin motor sangat kencang di trek lurus, namun susah sekali belok.

Ironisnya, Honda juga dikatakan mirip dengan Ducati. Namun karena Honda punya ECU bagus (sebelum ECU tunggal musim ini), kekurangan yang seperti Ducati alami tak terjadi.

”Suzuki tahun lalu kalah speed. Tahun ini, mereka tambah power, tapi pelan-pelan. Mereka perlahan akan sangat kompetitif,” ucap Matteo.

Paling penting untuk Suzuki saat ini adalah mencari pebalap hebat, pengganti Maverick Vinales yang tahun depan bakal hengkang ke Yamaha.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa