Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali Karakter Kompon Ban Sepeda Motor

Stanly Ravel - Kamis, 23 Juni 2016 | 09:25 WIB

Jakarta, Otomania - Ban menjadi komponen penting pada sepeda motor. Pada umumnya, kompon ban memiliki tiga jenis karakter, yakni hard, medium, dan soft.

Ketiga karakter kompon tersebut menentukan fungsi dan daya tahan masing-masing. Semakin lunak maka daya cengkramnya makin baik, namun tidak tahan lama, sebaliknya semakin keras umurnya makin panjang, tapi disatu sisi daya cengkramnya tidak sebaik kompon lunak.

Lalu bagaimana membedakan karakter kompon tersebut, Dany karyawan Planet Ban di Pasar Minggu, mengatakan bahwa pada umumnya di ban sudah ada keterangannya. Konsumen cukup melihat saja inisal ban tersebut.

"Untuk membedakan karakter sudah ada keterangan di ban, yakni M untuk medium, S untuk soft, dan H untuk tipe hard. Cukup melihat kodenya saja," ucap Dany kepada Otomania, Selasa (21/6/2016).


Meski demkian, menurutnya cukup banyak juga ban aftermarket lainnya yang tidak memiliki tanda tersebut. Tapi hal ini bisa diketahui dengan trik sederhana, yakni menekan kompon ban menggunakan benda tumpul seperti lidi.  

"Biasanya ada, tapi untuk ban aftermarket ada juga yang tidak dilengkapi tanda. Untuk membedakan tekan saja komponenya dengan lidi, bila saat dilepas masih ada tanda tekanan yang sedikit dalam dan hilangnya lama menandakan kompon lunak, bila tidak terlalu dalam dan cepat hilang berarti medium, cara ini juga bisa dilakukan dengan kuku di jari tangan kok," kata Dany.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa