Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Ban Baru, Begini Petunjuknya

Stanly Ravel - Senin, 23 Mei 2016 | 08:05 WIB

Jakarta, Otomania - Memasang ban, khususnya pada sepeda motor, bukan hanya sekadar menempel dengan pelek saja, tapi ada aturan agar nyaman saat digunakan. Kejadian paling sering ketika habis memasang ban adalah timbulnya goyangan ketika roda berputar.

Setelah diselidiki, akar masalahnya ada di pemasangan ban yang tidak tepat, karena tidak sejajar dengan alur garis di dinding ban.

"Sebenarnya ini masalah klasik, tapi masih banyak yang mengalaminya. Pengendara mengeluh saat berjalan bannya "geol-geol" yang, padahal mereka habis mengganti ban baru," ucap Deny, karyawan Planet Ban di Pasar Minggu beberapa waktu lalu.

Garis tipis yang melingkar mengikuti bentuk ban, menurut Deny berfungsi sebagai barometer ketika akan memasang ban baru. Bila garisnya tidak sejajar, kemungkinan ritme berputarnya ban tidak rata yang secara otomatis membuat laju kendaraan tidak nyaman.

Karena itu, sehabis memasang ban baru pengendara harus memastikan bahwa garis tersebut sudah terpasanga rata. Minta mekanik untuk mengecek ulang, terutama setelah ban sudah diisi dengan angin.

"Saat sudah terisi angin, cek lagi kelurusan garis bannya. Cukup memutar roda ketika motor di standar tengah, lihat alur putaran ban dari depan dan samping, bila tidak rata kemungkinan pemasangannya tidak benar, tapi kalau sudah rata tapi masih goyang bisa jadi pelek motor yang sudah peyang," papad Deny.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa