Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lebih Aman Mana, Kelebihan atau Kekurangan Udara pada Ban?

Setyo Adi Nugroho - Senin, 23 Mei 2016 | 16:44 WIB

Jakarta, Otomania – Bagi pengguna kendaraan, ban adalah salah satu komponen penting pada kendaraan. Perhatian untuk perawatan ban menjadi hal yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan.

Bicara mengenai perawatan ban, tekanan udara pada ban adalah salah satu indikator ban dapat bekerja dengan baik. Salah satu pertanyaan yang kerap hadir dari pemilik kendaraan mengenai tekanan ban adalah antara kurang dan kelebihan tekanan angin, mana yang lebih baik?

Guna menjawab pertanyaan ini, Akhir Anarkhimurni, Senior tester RnD PT Gajah Tunggal Tbk punya jawabannya. Menurutnya, jika pilihan hanya pada dua jawab tersebut ia memilih kelebihan tekanan udara. Jawabannya ini bahkan sudah di uji coba di pusat RnD PT Gajah Tunggal.

“Kalau pilihan jawabannya kurang atau kelebihan tekanan ban, saya pilih kelebihan. Kekurangan tekanan itu lebih berbahaya ketimbang kelebihan. Ban diproduksi dapat menahan kelebihan tekanan hingga tiga bar. Berbeda saat kurang tekanan,” ucap Akhir.

Berdasarkan uji coba, ban yang kehilangan tekanan 1 bar akan membuat ban dalam keadaan unsitting pada dinding pelek. Artinya, ban bisa copot dari pelek dan membuat pengendaraan tidak sempurna. Ini bahaya kekurangan tekanan angin pada ban.

“Jadi sewaktu ban diisi angin pertama hingga tekanan tertentu ia akan menggigit piggir pelek dan menempel sesuai dudukannya. Bisa bayangkan saat kekurangan tekanan, daya gigit pinggiran pelek ini akan berkurang dan saat digunakan pada kendaraan, ban tersebut copot. Kekurangan tekanan 1 bar hingga 1,5 bar di uji coba ban bisa copot,” ucap Akhir.

Namun bukan berarti kelebihan tekanan jadi acuan keamanan untuk mengisi angin ban. Akhir tetap menyarankan untuk mengisi tekanan angin yang sesuai standar pabrikan ban. Ini agar ban bekerja maksimal dalam mencengkram aspal jalan dan tidak membuat pengemudi celaka.

“Paling benar tentu yang ukurannya pas. Sesuaikan dengan ukuran yang direkomendasikan pabrikan ban. Semua yang kelebihan dan kekurangan itu tidak baik, yang terbaik adalah yang pas,” ucap Akhir.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa