Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hindari Ini Saat Menyimpan Ban

Setyo Adi Nugroho - Minggu, 19 Juni 2016 | 04:05 WIB

Jakarta, Otomania – Bagi pemilik mobil, merawat ban kendaraan sama pentingnya untuk merawat komponen kendaraan yang lain. Ban harus mendapat perhatian lebih terutama pada tekanan udara juga penyimpanan.

Jika ban tidak digunakan atau diam dalam waktu lama, ada yang harus dihindari agar ban tetap dalam kondisi prima.

“Paling penting adalah menghindari terkena paparan matahari. Usahakan simpan ban, atau letakkan mobil di tempat yang terlindung sinar matahari langsung,” ucap Aries Abdullah, Business Support Manager PT Gajah Tunggal Tbk saat ditemui Otomania.

Paparan sinar matahari berlebih bisa membuat kondisi karet ban kering dan retak. Kondisi seperti ini akan rentan menyebabkan ban mengalami masalah saat digunakan.

“Kemudian jauhkan dari genangan oli. Kondisi dalam garasi yang berantakan dengan oli yang berceceran tidak baik untuk ban,” tambah Aries.

Ini karena oli akan menyebabkan ban lembek. Sama seperti karet gelang yang dimasukkan ke dalam minyak, ia akan melar dan elastisitasnya berkurang.

“Jika ban dirawat dengan benar sejak penyimpanan, maka umur ban akan lebih lama,” ucap Aries.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa