Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

8 Komponen Kendaraan yang Cepat Ganti

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 31 Mei 2016 | 14:38 WIB

Jakarta, Otomania – Perawatan merupakan kewajiban yang harus dilakukan bagi pemilik kendaraan. Tujuannya jelas untuk menjaga kondisi kendaraan selalu prima saat digunakan dan bebas masalah.

Beberapa perawatan salah satunya adalah penggantian suku cadang yang wajib dilakukan pemilik kendaraan. Ini karena suku cadang tersebut memiliki masa pakai yang sudah teruji oleh pabrikan. Penggantian suku cadang yang terlambat dapat menimbulkan risiko masalah setiap saat.

“Penggantian suku cadang sudah dijadwalkan oleh setiap pabrikan. Mereka sudah tahu setiap berapa jarak km harus mengganti bagian tertentu pada kendaraan karena suku cadang tersebut memiliki usia pakai. Sesuaikan saja dengan yang ada di buku pedoman. Ini kewajiban pemilik kendaraan, jika lalai masalah siap datang,” ucap Dolf Valentino, Service Manager Daihatsu Pangeran Jayakarta saat dihubungi Otomania beberapa waktu lalu.

Berikut 8 suku cadang yang memiliki usia pakai relatif cepat dan wajib diganti secara berkala

1. Oli Mesin

Oli mesin memiliki fungsi untuk melumasi bagian dalam mesin dan menjaga agar bagian dalam mesin bekerja dengan baik tanpa benturan dan terhindar dari goresan-goresan. Oli juga berfungsi sebagai pendingin mesin. Beban kerjanya yang cukup berat ini membuat oli harus diganti bahkan pada 1.000 km pertama pemakaian kendaraan. Penggantian oli berkala perlu dilakukan

2. Busi

Alat ini berguna untuk memantikkan api agar pembakaran dalam mesin dapat berjalan. Jika kondisi busi sudah kotor dan perlu dilakukan penggantian sebaiknya segera ganti dan jangan membersihkan. Penggantian busi biasanya dilakukan pada jarak pemakaian 20.000 km dan 50.000 km.

3. Aki

Aki merupakan bagian penting kendaraan. Pasokan listrik dari aki mampu membuat seluruh fungsi kendaraan bekerja normal. Saat aki sudah memasuki usia pakai, biasanya 2 atau 3 tahun. Bisa juga saat timbul masalah kelistrikan seperti jarang digunakan atau digunakan dengan tambahan aksesori berlebih sehingga dayanya berkurang, sebaiknya segera ganti aki.

4.Lampu kendaraan

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa