Cara Sederhana Ketahui Kapan Mobil Harus Spooring

Setyo Adi Nugroho - Jumat, 22 April 2016 | 15:51 WIB

Jakarta, Otomania – Bagi pemilik kendaraan roda empat sering kali merasakan mobil saat berkendara melaju tidak lurus dan kemudi terasa berat. Ini salah satu tanda bahwa kendaraan butuh untuk dilakukan proses spooring.

Selain dengan merasakan tanda di atas, ada cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengetahui bagian kaki-kaki kendaraan ini membutuhkan proses spooring. Hal ini bisa dilakukan dimana saja dan mudah.

Cukup siapkan seutas tali dan posisikan kendaraan di tempat yang datar lalu posisikan kemudi kendaraan dalam posisi lurus. Tempelkan tali pada roda belakang dan tarik tali hingga ke roda depan. Jika tali tidak berada pada posisi lurus, itu artinya roda butuh dilakukan penyetelan spooring.

“Ini cara jadul, sederhana namun bisa jadi penilaian pertama untuk melihat ban harus dilakukan spooring balancing. Pakai tali yang cukup panjang, tempelkan tali di roda belakang dan tarik tali hingga ke roda depan, jika roda depan tidak dalam kondisi lurus dengan roda belakang, maka artinya roda butuh penyetelan,” ucap Afui, mekanik Pasar Otomotif Palmerah, saat ditemui Otomania beberapa waktu lalu.

Afui mengatakan, kondisi ban belakang yang tetap akan menjadi patokan untuk roda depan apakah dalam posisi yang benar atau sedikit melenceng. Jika terlihat melenceng maka proses penyetelan pada ban harus dilakukan.

Afui menambahkan, proses spooring dan balancing perlu dilakukan secara berkala. Pengecekan setiap 5 ribu kilometer sekali perlu dilakukan untuk menjaga kondisi bagian kaki-kaki kendaraan.


Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa