Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Keunggulan Pakai Nitrogen buat Ban

Azwar Ferdian - Selasa, 19 April 2016 | 18:51 WIB

Jakarta, Otomania – Mencari nitrogen buat mengisi udara ban saat ini sudah tidak sulit. Hampir di SPBU mudah ditemui tempat mengisi nitrogen. Biayanya memang lebih mahal, tapi ada kualitas dan keuntungan yang diberikan oleh nitrogen.

Mengisi ban dengan nitrogen memang lebih dianjurkan. Efek ke depannya bisa membuat ban menjadi lebih tahan lama. Keunggulan ini dijelaskan oleh Hery Maylanda, Consumer Product Planning Bridgestone.

“Rekomendasi tentu menggunakan nitrogen, ini bisa buat ban lebih awet. Tidah hanya ketika menggunakan ban baru, tetapi juga untuk seterusya,” ujar Hery seperti dilansir KompasOtomotif (Rabu (6/4/2016).

Penjelasannya, kata Hery, udara biasa yang dimasukkan ke dalam ban, mengandung uap air. Semakin banyak uap air yang ada, maka bisa meresap masuk ke lapisan ban, melalui pori-pori ban.

“Di dalam lapisan ban ada yang namanya steel belt (sabuk baja), kalau komponen ini terkontaminasi dengan air. Lantas ketika sudah terkena air, lama kelamaan bisa menjadi  berkarat,” ujar Hery.

Hery melanjutkan, kalau komponen steel belt sampai berkarat, maka yang akan terjadi yaitu pelepasan antara steel belt dengan lapisan lain. “Itu namanya separation, pemisahan antara lapisan di dalam ban, yang berujung pada kerusakan yang lebih cepat dari seharusnya,” ujar Hery.

Maka dari itu, tutur Hery, alangkah baiknya jika menggunakan nitrogen. “Bukan hanya tidak mengandung air, nitrogen juga bisa menjaga tekanan ban tetap stabil, dan ban lebih awet,” ujar Hery.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa