Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Orang Indonesia adalah Pengendara yang Bahagia

Setyo Adi Nugroho - Kamis, 24 Maret 2016 | 19:01 WIB

Jakarta, Otomania – Pengendara sepeda motor dan mobil di Tanah Air ternyata masuk dalam kategori bahagia. Ini merupakan hasil survei yang dilakukan Otomotifnet melalui Indeks Kebahagiaan Berkendara (IKB) terhadap pengendara kendaraan bermotor di lebih dari 30 provinsi di Indonesia.

Survei yang diikuti oleh 3.086 responden pengguna kendaraan bermotor ini dikumpulkan melalui 109 pertanyaan seputar kepuasan dan tingkat emosi berkendara. Pengambilan sampel ini dilaksanakan sejak 15 Januari 2016 hingga 29 Februari 2016.

Ada dua aspek utama yang diukur pada survei ini, yakni tingkat kepuasan berkendara dan tingkat emosi saat berkendara. “Kondisi kendaraan, kondisi yang dilalui, hingga perilaku pengendara lain, semuanya mempengaruhi seberapa besar kebahagiaan seseorang dalam berkendara,” ujar Billy Riestianto, Editor in Chief Otomotifnet, di sela-sela acara penyerahan penghargaan Indeks Kebahagiaan Berkendara 2016, Rabu (23/3/2016).

Responden yang mengikuti survei dikelompokkan berdasarkan jenis kendaraan dan merek yang digunakan. Kemudian responden menjawab pertanyaan yang dijadikan penilaian untuk mendapatkan IKB. Hasil IKB merupakan nilai rata-rata dari dua aspek utama, kemudian dijumlah dan dibagi dua.

Hasil dari IKB untuk pengendara mobil adalah 68,28 persen. Sedangkan hasil dari IKB untuk pengendara motor adalah 69,01 persen. Hasil ini masuk dalam kategori bahagia. Skala yang digunakan adalah hasil 81-100 persen sangat bahagia, 66-80 persen bahagia, 51- 65 persen cukup bahagia, 35-50 persen kurang bahagia, dan 0-34 pesen tidak bahagia.

Jadi apakah Anda termasuk pengendara yang berbahagia dengan kendaraan dan kondisi jalan dilalui?

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa