Cara Mudah Ketahui Kondisi Kanvas Kopling

Setyo Adi Nugroho - Selasa, 22 Maret 2016 | 10:30 WIB


Jakarta, Otomania
- Kanvas kopling kendaraan merupakan perangkat penting yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga mesin ke transmisi. Jika kanvas kopling habis maka sebesar apapun tenaga mesin yang dihasilkan maka tidak ada tenaga yang tersalurkan.

Ada cara unik untuk memastikan kondisi kanvas kopling yang mulai bermasalah di kendaraan transmisi manual. Afui, mekanik AAN CS Motor Pasar Palmerah, saat ditemui Otomania menjelaskan, cara mudah untuk mengetahui bagaimana kondisi kopling mobil.

Pertama hidupkan mesin kendaraan lalu tarik tuas rem tangan kendaraan. Tekan pedal koping dan masukkan transmisi ke gigi satu. Berikutnya, perlahan lepaskan pedal kopling sambil kaki kanan menginjak pedas gas.

“Jika kendaraan masih menghentak lalu mati artinya kanvas kopling masih bagus. Namun bila mesin mobil tidak mati maka kanvas kopling sudah habis,” terang Afui.

Cara ini tidak disarankan untuk dilakukan berulang-ulang karena akan menyebabkan kanvas semakin aus. Cara ini bisa dilakukan untuk meyakinkan permasalahan setelah mengalami ciri-ciri kanvas kopling habis.

Ciri-ciri kanvas habis saat kendaraan sedang digunakan antara lain, kendaraan tidak kuat menanjak atau kehilangan tenaga, serta putaran mesin meninggi saat mengganti transmisi namun tidak diikuti dengan kecepatan yang meningkat.

“Habisnya kanvas kopling karena faktor usia pemakaian serta cara penggunaan kendaraan yang salah. Segera bawa ke bengkel terpercaya untuk melakukan penggantian kampas kopling,” jelas Afui.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa