Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penyakit Kopling Ganda Ford Fiesta dan EcoSport

Stanly Ravel - Kamis, 11 Februari 2016 | 10:05 WIB

Jakarta, Otomania - Sejak awal diluncurkan Ford Fiesta sudah mengusung teknologi transmisi dual clutch kering. Seiring penggunaanya, komponen ini pun juga kerap menjadi masalah utama selain dari transmission control module (TCM).

Sesuai namanya, jenis transmisi ini menggunakan dua buah kopling (ganda) untuk mengoperasikan sistem tranmisi. Sejatinya girboks ini merupakan transmisi manual yang diberi dua kopling agar transmisi dapat berpindah otomatis yang juga berfungsi menggantikan peran kaki untuk menekan kopling.

"Teknologi ini sebenarnya kopling manual yang diotomatiskan. Penggunaan kopling ganda berperan untuk mengganti kerja kaki dalam menekan koling pada mobil manual, perpindahan gigi pun lebih cepat dibandingkan girboks otomatis versi konvensional," papar Heru, Teknisi sekaligus pemilik bengkel spesialis Ford Sahabat Motor di Cinere, kapada Otomania (10/2/2016).

Menurutnya, kerusakan yang sering dialami atau dikeluhkan pengguna Fiesta khususnya varian 1.6L adalah bukan pada sistem transmisi, tapi sistem komponen koplingnya. Seperti shif fork yang berguna memindahkan gigi, motor electric differential, bearing shift fork, sampai TCM.


"Untuk transmisi tidak ada masalah, tapi yang problem itu komponen pendukung. Kalau untuk transmisi semuanya hanya berisi gir-gir saja. Kebanyakan orang salah kaprah soal ini sehingga menilai transmisinya yang bermasalah," ujar Heru yang pernah menjadi kepala mekanik di salah satu diler Ford di Jakarta.

Salah satu penyebab kerusakan ini hampir sama dengan TCM, yakni faktor kebiasaan serta lingkungan berativitas. Kondisi jalan yang selalu membuat mobil dalam posisi stop n go membuat pola kerja komponen lebih berat.

Selain itu kebiasaan pengendara yang lebih suka mendiamkan tuas transmisi di posisi D saat diam juga memperpendek umur kopling dan komponennya.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa