Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada "Penyakit Utama" Ford Fiesta dan EcoSport

Stanly Ravel - Rabu, 10 Februari 2016 | 17:11 WIB

Jakarta, Otomania - Datang sebagai mobil hatchback dan low SUV, Ford Fiesta dan EcoSport memang dibekali dengan fitur yang canggih di kelasnya. Namun demikian, keduanya juga memiliki permasalahan yang sama yang sering dikeluhkan penggunanya.

"Kebanyakan pengguna Fiesta memiliki keluhan pada sisi transmisinya. Bukan komponen dalam mesin tapi sistem (Transmission Control Module/TCM)," ucap Heru, Teknisi Khusus Ford kepada Otomania di Cinere, Depok, Rabu (10/2/2016).

Pemasalahan TCM terjadi dikarenakan faktor pengoperasian dan lingkungan. Secara fungsi TCM memiliki mekanisme kerja yang sama denga ECU, bedanya ia hanya untuk mengatur sistem transmisi pada mobil saja.

Faktor jalan di Jakarta yang cenderung macet membuat pola kerja TCM sering tidak stabil. Aplagi bila mobil lebih sering dihadapkan pada posisi stop n go dengan kecepatan yang tidak menentu.

"Jalan di Jakarta banyak stop n go, TCM punya kerja yang sama dengan ECU, jadi ketika rpm sekian belum tersampai tapi mobil sudah berhenti, dan terjadi secara berulang-ulang akan membuat program pada TCM mengalami kerusakan.," ujarnya.

Menurutnya, permasalahan ini tidak akan terasa saat di awal, tapi setelah penggunaan satu sampai dua tahun. Untuk unit lebih sering menimpa Fiesta 1.6L, tapi yang perlu diingat komponen TCM ini juga ikut digunakan oleh EcoSport yang membuatnya memiliki permasalahan yang sama ke depannya.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa