Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tangki Bahan Bakar Mobil yang Kerap Terlupakan

Setyo Adi Nugroho - Senin, 21 Maret 2016 | 11:01 WIB

Jakarta, Otomania – Pengecekan kondisi tangki bahan bakar seringkali tidak diperhatikan pemilik kendaraan bermotor, khususnya mobil. Alasannya karena pengerjaannya yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Padahal untuk merawat rumah bahan bakar kendaraan ini cukup mudah. Kotoran yang terbawa bahan bakar hingga ke dalam tangki dapat menimbulkan masalah di kemudian hari.

“Bahan bakar dari stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) tidak seratus persen bersih. Pasti ada saja unsur lain yang ikut terbawa misalnya air dan kotoran,” ujar Edi Supriadi, Kepala Bengkel Tunas Toyota Jatiwaringin, saat dihubungi Otomania, Jumat (18/3/2016).

Menurut Edi, pada kendaraan yang sudah berjalan jauh, pada dasar tangkinya ada endapan air dan kotoran. Hal ini terjadi baik pada kendaraan bensin maupun diesel.

Khusus kendaraan diesel karena mesinnya bersifat high compression, pekerjaan menguras tangki ini sebaiknya dilakukan berkala. Terlebih jika pemiliknya jarang menggunakan bahan bakar bernilai cetan tinggi atau kandungan sulfurnya rendah.

“Meski pada diesel ada saringan bahan bakarnya, namun bila pemilihan bahan bakarnya yang kualitas rendah, bisa membuat banyaknya kotoran yang masuk dan mengendap dalam tangki,” tambah Edi.

Tangki kendaraan disarankan dikuras pada jarak 10.000 km hingga 15.000 km sekali. Ini juga melihat dari kondisi mesin kendaraan. Jika mesin sudah mulai “batuk-batuk” pada putaran mesin tinggi sebaiknya segera periksa terutama pada perangkat filter bahan bakar dan kemudian kebersihan tangki.

Saat membersihkan tangki bahan bakar, yang pertama dilakukan adalah menyedot bahan bakar. Setelah kosong, tangki bisa diturunkan. Pada dasar tangki akan terlihat endapan kotoran dan juga sedikit sisa bahan bakar. Bersihkan filter yang terdapat di dalam tangki dan buang sisa bahan bakar di dalam tangki.

“Jika tangki bahan bakar bersih maka tidak ada kekuatiran bahan bakar kotor akan masuk ke dalam mesin. Sekali lagi diperhatikan juga pemilihan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin dan bermutu baik,” ujar Edi.

Layanan membersihkan tangki bahan bakar sebaiknya dilakukan di bengkel-bengkel terpercaya. Biaya untuk membersihkan tangki bahan bakar berbeda, tergantung jenis kendaraan.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa