Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Remehkan Vespa Tua Ini

Stanly Ravel - Selasa, 22 Maret 2016 | 08:45 WIB

Jakarta, Otomania - Vespa VBB dengan bodi yang lebih bulat memang terlihat lebih semok dan padat. Tak heran jenis ini banya diincar sebagai barang koleksi.

Untuk sebagaian pecintanya tampilan Vespa seri ini lebih cocok dimodifikasi dengan tema retro, tapi berbeda dengan yang dilakukan oleh bengkel sekaligus cafe Casa Da Vespa.  Skuter lansiran 1965 ini dirombak habis-habisan dengan tema lebih sporty ala tongkorongan Vespa balap.

Tampilan klasik sudah hilang diganti dengan kesan sangar. Satu-satunya yang membuatnya memiliki kesan retro adalah pada bagian head lamp berbentuk bulat dengan cover dan batang kemudi yang sudah ditekuk layakan Vespa balap.

"Aslinya memang untuk balap, tapi sekarang sudah jarang digunakan. Kita pajang aja di bengkel sekaligus untuk meramaikan suasana bengkel," ucap Fajar Setiawan dari Casa Da Vespa saat bertemu Otomania, beberapa waktu lalu.

Rombakan yang dilakukan cukup radikal. Pembentukan karakter balap cukup menyeluruh, mulai dari spakbor depan yang menggunakan model kustom, rombakan pada bok kiri-kanan yang dibuat lebih naik, sampai pemasangan jok single seater yang tipis.

Karakter sentuhan balap diperkuat pada bagian kaki-kaki. Pelek standar sudah diganti dengan dimensi yang lebih besar, yakni 10 inci. Peredam kejut dibuat maksimal dengan produk aftermarket keluaran BGM Pro.

Uniknya bagian depan dan belakang sudah dilengkapi dengan rem cakram yang menggunakan kaliper Brembo yang menjamin sistem pengerman jauh lebih maksimal.

Bukan hanya tampilan yang sangar, Mesin pun sudah digarap ulang untuk meningkatkan performanya. Mulai dari proses bore-up yang menaikan piston beserta silindernya sehingga Vespa klasik ini memiliki kapasitas 170 cc sampai pemasangan karburator Koso 30 mm.

Piranti pendukung mesin untuk balap juga diperkuat dengan adanya aplikasi air cooler yang berfungsi untuk membantu proses pendinginan suhu mesin lebih cepat. Selain itu modifikasi di sektor tampilan intuk menambah gahar tampilan di ikut sertaan, mulai dari footstep racing, gas spontan, brake cable sampai speedometer keluaran Digital SIP Scooter.

Kabarnya, Vespa ini sudah banyak mengantungi piala road race, jadi hati-hati kalau ketemu di jalan jangan anggap enteng performa mesin si besi tua ini.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa