Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sebab Motor Matik Berdecit dan Tersendat

Stanly Ravel - Kamis, 10 Maret 2016 | 20:30 WIB

Jakarta, Otomania - Kasus motor matik mengeluarkan bunyi (decit) dan tersendat di pagi hari, jadi masalah yang sering terjadi. Bicara soal penyebabnya, hal ini ternyata bisa diakibatkan beberapa hal.

Agus Nugroho, Kepala Teknisi AHASS Palmeran Barat, mengatakan bahwa penyebab skutik sering tesendat dan mengeluarkan bunyi saat digunakan dalam kondisi mesin dingin dan kembali normal saat sudah panas terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari mesin yang belum siap, RPM gas yang terlalu rendah, sampai CVT dan kondisi dumper roller yang kotor.

"Banyak faktor yang mengakibatkan hal ini, tapi umumnya orang langsung menuduh ke arah CVT atau roller. Padahal bisa juga tersendat akibat mesin yang belum dalam kondisi normal, artinya setelah lama tidak digunakan motor langsung dijalankan. Pompa oli di mesin belum dalam kondisi ready to use (siap digunakan) tapi komponen mesin langsung bekerja, akibatnya suplai oli ke komponen kurang yang membuat motor berjalan tersendat," ucap Agus.

Sedangkan untuk masalah bunyi ternyata dalangnya bukan hanya karena CVT atau roller yang sudah rusak, tapi bisa juga karena kondisi kotor atau kering.

"Tidak melulu karena CVT dan roller, contoh dumper atau karet bantalan roller yang sudah longar dan kotor, kondisi stemplet sliding shave yang kering, atau juga karena kampas ganda yang ada di puli belakang kotor bisa jadi penyebabnya," ucap Agus.

Agus menyarankan untuk melakukan perawatan berkala bila hal ini sering terjadi. Khususnya untuk melihat sektor CVT, bila hanya kotor dan kering kemungkinan masih bisa ditangani, namun bila sudah mengalami masalah berat mau tidak mau diganti part baru.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa