Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Boks CVT Skutik Bunyi, Ini Penyebabnya

Stanly Ravel - Jumat, 18 Desember 2015 | 07:41 WIB

Jakarta, Otomania - Bagi pengguna sepeda motor matik yang sudah berusia lebih dari dua tahun, pasti pernah mendengar suara bising pada box CVT. Bila ditelusuri lebih lanjut, suara tersebut biasanya muncul karena adanya komponen pengerak yang sudah aus dan kotor.

Di saat musim hujan seperti ini, durasi CVT mengalami tingkat kotor akan makin sering terjadi. Umumnya disebabkan oleh cipratan air yang masuk ke lubang CVT, dan menyerang beberapa komponen.

"Suara pada CVT umumnya terjadi saat komponen mengalami keausan atau sudah kotor. Biasanya mulai dari van belt, roller weight dan centrifugal clutch yang terserang," ujar Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM) Jawa Barat, kepada Otomania, Kamis (17/12/2015).

Menurutnya, saat sudah mulai ada gejala bunyi baiknya jangan membiarkan terlalu lama. Selain bisa membuat kenyamanan berkendara akan berkurang juga makin memperparah kondisi beberapa komponen yang akhirnya berujung pada kerusakan.

"Baiknya langsung bawa ke bengkel resmi untuk melakukan pengecekan pasti. Umumnya pihak bengkel akan mengatasi hal tersebut dengan melakukan pembersihan, pemeriksaan dan pengukuran agar lebih memastikan bahwa tidak ada kotoran dan keausan pada komponen CVT," ucap Ade.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa