Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Jadinya Jika Salah Pakai Roller CVT

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 12 Januari 2016 | 07:45 WIB

Jakarta, Otomania –
Roller jadi komponen penting di dalam CVT kendaraan bertransmisi matik. Jika kondisinya sudah rusak, tunggangan tidak akan nyaman digunakan, biasanya bunyi dan bergetar.

Komponen ini (roller) memiliki ragam, yang ditentukan dari berat. Ini biasanya terkait dengan performanya di jalan. Namun perhatikan pula konsekuensinya, ketika memilih jenis roller, khususnya yang beratnya di atas 10 gram.

“Biker yang memilih roller dengan bobot berat biasanya untuk mengejar performa putaran atas, atau top speed. Padahal di Jakarta, lebih cocok untuk putaran bawah atau berkendara stop and go. Jika roller terlalu berat, yang akan rusak yaitu rumah roller,” ujar Dadang, Service Advisor Yamaha Persada Motor, Rabu (30/12/2015).

Dadang melanjutkan, itu karena gesekannya akan semakin besar, jadinya mengganggu rumah roller. Bobot yang dikatakan "berat" di sini berkisar antara 10 gram sampai 12 gram, atau bahkan ada yang lebih dari 12 gram. Jika rusak dan harus diganti, harga rumah roller sendiri Rp 37.000

“Sementara kalau lebih ringan roller-nya, akan stabil kerjanya. Maka dari itu pabrikan memberikan ukuran standar roller-nya di 8 gram sampai 10 gram. Paling kecil 8 gram dan kebanyakan standar yang digunakan 10 gram,” ujar Dadang.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa