Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perlengkapan Wajib Biker Sebelum Berkendara

Ghulam Muhammad Nayazri - Rabu, 6 Januari 2016 | 10:05 WIB

Jakarta, Otomania –
Musibah yang terjadi di jalan ketika mengendarai sepeda motor tidak bisa diprediksi. Namun, setidaknya ada tindakan antisipasi yang dilakukan sebelum berkendara, salah satunya menggunakan perlengkapan keselamatan.

Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) pernah mengatakan, demi keselamatan memang tidak nyaman dan harus rela kerepotan.

“Salah satu contohnya menggunakan perlengkapan berkendara seperti sarung tangan, jaket, sepatu, helm dan lainnya. Itu jelas akan membuat gerah dan repot. Tapi demi keselamatan diri ini wajib dilakukan,” ujar Jusri beberapa waktu lalu kepada Otomania.

Menurut buku panduan Tertib, Aman dan Selamat Bersepeda Motor di Jalan milik Astra International dan Korlantas Polri, ada empat perlengkapan wajib yang harus dipakai pengendara sepeda motor. Berikut lebih jelasnya.

Helm

Helm  berfungsi untuk melindungi bagian tubuh yang sangat vital yaitu kepala. Pilihlah helm yang berwarna terang, sesuai dengan ukuran kepala dan sudah standar SNI (Standar Nasional Indonesia).

Ketika mengunakan helm, pastikan tali pengikat dagu sudah terpasang dengan benar. Helm fullface lebih baik melindungi kepala daripada helm halfface.

Jaket

Sangat dianjurkan untuk selalu menggunakan pakaian atau jaket lengan panjang, serta celana yang menutupi seluruh bagian kaki. Pakaian tersebut dapat mengurangi efek tergores dan benturan ketika terjatuh.

Pilihlah pakaian yang sesuai ukuran badan, sehingga tubuh bisa bebas melakukan gerakan. Disarankan pula untuk memakai jaket dengan warna yang terang dan mudah dilihat ketika mengendarai sepeda motor di jalan, pada siang maupun malam hari.

Sarung tangan

Perlengkapan ini juga wajib digunakan, fungsinya untuk melindungi tangan dari luka gores, ketika terjatuh. Selain itu juga memberikan kenyamanan dalam menggenggam kemudi, dan melindungi dari udara dingin. Untuk perlindungan yang lebih baik, pergunakan sarung tangan dengan bahan kulit.

Sepatu

Seperti dikatakan Jusri , berkendara sepeda motor adalah pekerjaan serius, jadi harus benar-benar dipersiapkan dengan penuh keseriusan pula. Salah satunya  yaitu melengkapi diri dengan selalu menggunakan sepatu.

Fungsi perlengkapan ini tentunya untuk melindungi kaki dari cedera, ketika motor terjatuh. Pilihlah sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki, kemudian memiliki kelengkapan tumit dan punya tapak yang tidak licin.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa