Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perhatikan Ini Saat Mencuci Skutik

Ghulam Muhammad Nayazri - Rabu, 6 Januari 2016 | 09:05 WIB

Jakarta, Otomania –  
Air jadi masalah bagi beberapa komponen skuter matik, salah satu di antaranya filter fuel pump. Bukan karena melibas banjir, tapi karena saat mencuci tapi teknik yang dipakai terlalu berlebihan.

Dadang, Service Advisor Yamaha Persada Motor Pulogadung mengatakan, ada komponen yang berpotensi kena masalah jika pencucian terlalu berlebihan. Jika komponen ini bermasalah, akibatnya bisa fatal yakni mesin sepeda motor jadi sulit dinyalakan.

“Biasanya untuk matik saya kerap menemukan permasalahan pada filter fuel pump, yang disebabkan karena air yang masuk ke dalam tangki. Jadi perhatikan baik-baik ketika mencuci skuter matik Anda,” ujar Dadang kepada Otomania, Kamis (30/12/2015).

Untuk filter pompa bensin, lanjut Dadang, masalah timbul karena air masuk ke tangki bensin, yang disebabkan oleh semprotan air (cuci steam) terlalu kencang. Ini akan lebih bermasalah lagi, ketika pencucian dilakukan dengan posisi jok terbuka (meski tutup bensin tertutup).

“Jadi pencucian skutik atau sepeda motor memang seharusnya hanya dengan lap biasa, bukan secara instan dengan semburan air yang kencang seperti steam. Jika air masuk, nantinya akan menimbulkan karat dan menyumbat filter, sehingga bensin tidak mengalir ke ruang bakar. Filter juga menjadi rusak,”ujar Dadang.

Jika filter sudah mengalami kerusakan, lanjut Dadang, biaya penggantiannya Rp 70.000. Namun, jika kerusakan merembet hingga ke pompa bensin, maka harus mengganti satu set Rp 456.000.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa