Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hati-hati, Mesin Sepeda Motor Bisa "Over Heat"

Ghulam Muhammad Nayazri - Rabu, 6 Januari 2016 | 07:05 WIB

Jakarta, Otomania – Salah satu kendala yang kerap muncul ada sepeda motor ketika diajak berkendara, yaitu mesin yang mengalami panas berlebihan (over heat). Biasanya ini terjadi saat berkendara jarak jauh atau dalam kondisi macet, diikuti dengan suhu udara yang panas.

Yanu Suprapto, Kepala Mekanik AHASS Sumber Jaya Motor Pulogebang mengatakan, penyebabnya juga karena oli mesin yang sudah menipis, tapi sepeda motor dipaksa terus berjalan.

Lalu bisa juga karena campuran bahan bakar dengan udara tidak tepat, menyebabkan ruang bakar kekeringan.

"Jadi ada beberapa faktor sepeda motor mengalami panas mesin dan mati di jalan. Jika sepeda motor sudah dilengkapi dengan pendingin cairan, bisa saja karena adanya kebocoran atau volume cairan pendingin yang sudah habis," ujar Yanu, Selasa (5/1/2016).

Ciri over heat

Menurut buku pedoman pemilik sepeda motor Honda Vario, ada beberapa ciri mesin sepeda motor panas. Pertama, indikator suhu cairan pendingin yang ada pada panel indikator menyala. Kemudian akselerasi tunggangan menurun atau menjadi lamban.

Jika sudah seperti itu, jangan panik dan khawatir, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Pertama, ketika melihat tanda-tanda tersebut, menepilah ke sisi jalan.

Kedua, matikan sepeda motor dengan kunci kontak.

Ketiga, biarkan mesin mendingin dengan kunci kontak dalam posisi “off”.

Keempat, setelah mesin dingin, amati selang radiator, apa terlihat ada kebocoran yang terjadi.

Kelima, periksa tinggi cairan pendingin yang ada di dalam tangki penyimpanan. Kemudian tambahkan cairan pendingin sebanyak yang dibutuhkan.

Keenam, jika pemeriksaan-pemeriksaan tersebut normal, maka sepeda motor bisa digunakan untuk melanjutkan perjalanan. Namun, sebelumnya, perhatikan terlebih dahulu, apakah indikator suhu sudah kembali normal.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa