Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bunyi "Tek-tek" pada Boks CVT Vario 125

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 18 Juni 2015 | 15:00 WIB

Jakarta, Otomania - Beberapa pengguna sepeda motor matik, khususnya Honda Vario 125 model lama, beberapa kali mempertanyakan mengenai bunyi "tek-tek" yang berasal dari boks CVT. Apakah bunyi ini wajar dan perlu dikhawatirkan?

Yanu Suprapto, Kepala Mekanik AHASS Sumber Jaya Motor Pulogebang, mengatakan kepada Otomania, kepanikan akan bunyi tersebut beberapa kali membuat konsumen berkonsultasi setiap datang untuk servis, terutama pengguna Vario 125.

"Iya memang ada yang mengeluhkan hal tersebut. Bunyi 'tek-tek' biasanya muncul saat sepeda motor dalam keadaan idle atau menyala tanpa digas. Namun, setelah handel gas diputar, perlahan bunyi akan hilang," ujar Yanu, Selasa (16/6/2015).

Titik permasalahannya, lanjut Yanu, ada di komponen piece slide yang berada di dalam boks CVT. Komponen ini biasa disebut karet rumah roler. Bunyi disebabkan komponen tersebut sudah aus.

"Piece slide bekerja dengan bergeser keluar masuk seiring perputaran mesin. Dari gesekan-gesekan tersebut membuat karet terkikis dan membentuk rongga, sehigga menimbulkan bunyi. Jika dibiarkan, perputaran atau pergerakan sepeda motor akan macet," ujar Yanu.

Jika pengguna skutik, terutama Honda Vario 125 mulai mendengar suara seperti ciri-ciri di atas, sebaiknya dilaporkan dan mengganti piece slide. Harga satu set karet rumah roller (piece slide) Rp 30.000.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa