Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rio dan Pascal Hanya Masalah "Jam Terbang"

Stanly Ravel - Minggu, 6 Maret 2016 | 09:04 WIB


Jakarta, Otomania - Rio Haryanto berhasil menorehkan hasil terbaik di putaran akhir tes pramusim Formula 12016. Rio berhasil membukukan catatan waktu tercepat selama bergabung di Manor Racing dan menjadi pebalap F1.

Minggu Pertama

Bila dijabarkan, Rio yang mengikuti ujian selama empat hari mengalami perkembangan yang signifikan. Tes pertama di hari ketiga (24/2/2016) yang merupakan debut Rio mengendarai MRT05 harus berhenti akibat kendala mobil melintir.

Total putaran waktu yang ia peroleh adalah 1 menit 28,249 detik dengan menghabiskan 78 lap. Kejadian mobil keluar lintasan kembali dialami Rio di hari kedua latihan (25/2/2016). Kali ini kondisinya lebih parah karena meyebabkan MRT05 mengalami kerusakan.

Namun, saat sesi sore Rio kembali beraksi dan mencetak waktu 1 menit 28,266 detik dengan 51 putaran. Sementara Pascal Wehrlein rekan setim Rio di Manor Racing berhasil meyelesaikan tes minggu pertama dengan mulus.

Putaran tes awal (22/2/2016), Pascal berhasil mencatat angka 1 menit 28,292 detik di 54 putaran, sedangkan hari kedua perkembangan drastis menjadi 1 menit 25,925 detik dengan menuntaskan 71 putaran.

Minggu Kedua

Masuk tes kedua hari pertama, Rio ditempatkan di posisi awal (1/3/2016). Naasnya, mobil Rio kembali bermasalah di sesi pagi dengan adanya kebocoran oli. Tapi setelah ditangani, Rio kembali masuk arena di sore hari dan membuat peningkatan signifikan dibanding minggu awal.

Catatan waktu Rio meningkat menjadi 1 menit 27,625 detik di 45 putaran. Tak sampai di situ, Rio kembali memecahkan rekor di putaran akhir tes pramusim Formula 1 (4/3/2016).


Waktu Rio berkembang lebih tajam menjadi 1 menit 25.899 detik setelah ia turun menggunakan ban ultrasoft melahap 58 putaran. Hal ini menjadi rekor terbaiknya selama menjadi pebalap Formula 1.

Kesuksesan pun ikut diraih Pascal, dua kali tes di minggu kedua pebalap asal Jerman ini berhasil meningkatkan catatan waktunya. Pascal menyelesaikan 79 putaran dengan waktu 1 menit 27.064 detik di hari pertama (2/3/2016). Besoknya (3/3/2016), ia berhasil meningkat perolehan waktunya cukup drastis menjadi 1 menit 24.913 detik dengan total 48 putaran.

Perbandingan

Di atas kertas jelas Pascal lebih unggul. Dari total lap, Pascal berhasil menuntaskan 251 putaran, lebih banyak 23 putaran dibandingkan Rio. Begitu juga kenaikan waktu, pebalap asal Jerman ini terus mengalami peningkatan.


Meski demikian, Rio tetap membuktikan dirinya berkembang dengan cepat. Hasil akhir yang diperolehnya menuaikan banyak pujian, termasuk Direktur Manor Racing Dave Ryan.

"Bersama-sama kami telah membawa mobil pada langkah lain, dan Rio sekarang berada di tempat yang cukup baik untuk menuju debut awalnya di Australia nanti," ucap Ryan dalam keterangan resminya di situs Manor Racing, Sabtu (4/3/2016).

Sebagai "orang baru" di balap Mobil F1, Rio memiliki talenta yang cukup besar. Hal ini pun ditunjukan dari perubahan setiap kali ia turun di arena tes.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa