Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mencari Onderdil Langka Ford Fiesta, Jangan Bingung!

Stanly Ravel - Kamis, 11 Februari 2016 | 17:57 WIB

Jakarta, Otomania - Sistem transmission control module (TCM) menjadi perangkat elektronik yang bekerja secara komputerisasi pada Ford Fiesta dan EcoSport. Secara umum, komponen uni sama hal nya dengan ECU, namun hanya untuk sistem transmisi. Kategori onderdil ini terbilang langka, karena termasuk slow moving, sehingga biasanya diler tidak menyetok.

Kerusakan pada TCM bisa sangat merepotkan, bukan hanya karena harga dan barang yang sulit tapi juga proses pengerjaan yang membutuhkan keahlian plus peralatan khusus. Kabar baiknya saat ini TCM sudah bisa didapatkan di beberapa bengkel spesialis Ford, salah satunya adalah Sahabat Motor yang berlokasi di Ruko Auto Part, Cinere, Jakarta Selatan.

"Barangnya sudah ada saat ini, tidak harus ke diler karena ada distributor yang memasarkannya. Selain TCM suku cadang orisinal Ford juga sudah mulai banyak," ujar Heru pemilik sekaligus teknisi dari Sahabat Motor kepada Otomania, Rabu (10/2/2016).

Untuk TCM saat ini harganya sekitar Rp 5 jutaan, namun ketersediaan barang cukup terbatas. Bila stok kosong maka pembeli harus menunggu beberapa hari sampai barang masuk.

"Harganya saat ini sudah turun, hanya sekitaran Rp 5 jutaan, kalau dulu bisa sampai Rp 13 jutaan. Inden barang cuma beberapa hari saja, tidak sampai mingguan. Untuk pemasangan dan kalibrasi di sini (Sahabat Motor) juga sudah bisa tapi memang tidak sebentar waktunya," ujarnya.

Menurutnya, selain menyediakan TCM, bengkelnya juga biasa menangani perawatan berkala khusus kendaraan Ford dengan mesin injeksi. Untuk biaya tergantung jenis servisnya, besar atau kecil, serta pilihan oli mesin yang akan digunakan.

"Biaya perawatan tergantung jenis servis, kalau ringan dan oli biasa itu sekitar Rp 1 jutaan dan selesai dalam 2 jam. Tapi kalau sampai rusak besar seperti harus turun mesin paling tidak 3 hari pengerjaan. Intinya masalah biaya beda jauh dengan di bengkel resmi tapi kualitas boleh di rasakan sendiri," ucapnya yang dulu pernah menjabat sebagai salah satu kepala bengkel diler Ford di Jakarta.

Bagi pengguna Fiesta yang mau servis bisa langsung sambangi Sahabat Motor, atau bila ingin berkonsultasi dan bertanya-tanya bisa menghubungi di nomor 081380593907.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa