Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pengaruh Budaya ATPM dengan Aksesori

Ghulam Muhammad Nayazri - Kamis, 7 Januari 2016 | 15:50 WIB

Jakarta, Otomania –
Sudah bukan rahasia lagi, pasar aksesori sangat bergantung pada produk-produk sepeda motor yang dikeluarkan para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM). Jika produk-produk yang ditelurkan ATPM kendur, begitupun turunannya ke bisnis aksesori.

Teddy Hartono, Chief Executive Officer (CEO) TDR Industries mengatakan, selain itu ada faktor lain yang berpengaruh terhadap bisnis aksesori, yaitu kebijakan dan budaya merek-merek yang dipegang ATPM. Salah satunya seperti pelarangan untuk menambah aksesori atau modifikasi pada sepeda motornya.

“Kebijakan dan budaya salah satu merek jelas berpengaruh. Kita lihat dahulu apa kampanye yang dilakukan para ATPM untuk konsumennya, apa melonggarkan penambahan aksesori atau tidak. Seperti ditakut-takuti dengan kehilangan garansi salah satunya,” ujar Teddy kepada Otomania, Selasa (5/1/2016).

Teddy melanjutkan, tipikal masing-masing merek berbeda-beda, seperti pemilik sepeda motor Honda yang jarang melakukan modifikasi. Karena salah satunya takut kehilangan garansi, tidak bisa diservis atau lain sebagainya. “Pengguna sepeda motor Honda cenderung standar, mungkin karena ditakut-takuti tersebut,” ujar Teddy.

“Sementara untuk Yamaha, di mana penggunanya selalu ingin tampil beda dan ingin keluar dari standar. Jiwa racing dan modifikasinya ada. Jadi masing masing memiliki karakter sendiri, dan itu cukup berpengaruh pada pasar aftermarket,” ujar Teddy.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa