Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Punya Supercar di Indonesia, Harus Tahu "Penyakitnya"

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 29 Desember 2015 | 16:36 WIB

Jakarta, Otomania -
 Memiliki mobil dengan  kapasitas silinder besar, atau biasa disebut supercar (mobil super) di Indonesia perlu perhatian khusus. Mengingat suhu udara Indonesia yang beriklim tropis dan lembab, berbeda jauh dengan suhu di negara asal mobil tersebut.

Kondisi itu tentunya dapat mempengaruhi sistem penunjang mesin, khususnya kelistrikan. Pasalnya, udara panas yang ada di luar, akan mempengaruhi suhu di dalam mesin supercar.

“Mobil yang  berasal dari negara empat musim sudah tentu dikondisikan sesuai untuk cuaca di negara tersebut seperti udara yang cenderung dingin.  Di sana juga kondisi jalanan yang lancar dan jarang ada kepadatan lalu lintas. Sehingga habitatnya sangat pas dengan kemapuan si supercar,” ujar Galih Laksono, Pemilik Bengkel kendaraan berkapasitas mesin besar, G-Speed Indonesia, Senin (28/12/2015).

Kelistrikan Bermasalah

Galih melanjutkan, kelembaban dan suhu udara ekstrem ini dapat membuat socket sambungan rusak  karena teroksidasi. Sehingga jalur kelistrikan pada sirkuit elektronik komputer mobil supercar bisa bermasalah. Hal ini akan membuat kipas elektrik pendingin mesin terkendala, sehingga panas mesin tidak tereduksi.

“Ketika mesin sangat panas tersebut, akan membuat mesin tidak berfungsi baik bahkan bisa sampai mati. Lebih dari itu, jika pada katup solenoid kopling (merupakan katup yang dikendalikan dengan arus listrik) bermasalah maka kopling tidak akan berfungsi normal,” ujar Galih.

Galih menambahkan, walaupun sudah menggunakan teknologi tingkat tinggi yang didukung oleh material kelas satu, masalah yang sering terjadi pada mobil ber-cc besar yaitu panas yang tinggi bahkan berlebih pada mesinnya.

“Efeknya sampai sejauh mana tentu berbeda-beda untuk setiap jenis mobilnya. Apapun itu tetap harus merawat mobil yang sudah canggih ini agar tetap kering dan tidak lembab. Mungkin bisa ditambahkan kristal penyerap kelembaban yang bisa ditemui di toko aksesori mobil,” ujar Galih.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa