Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kekurangan Rem Tromol Dibanding Cakram

Ghulam Muhammad Nayazri - Rabu, 2 Desember 2015 | 08:19 WIB

Jakarta, Otomania –
Sepeda motor saat ini kebanyakan sudah dikombinasi sistem pengeremannya. Tidak lagi menggunakan rem tromol, di roda depan dan belakang. Bahkan  untuk kendaraan yang kelasnya lebih tinggi, kedua rodanya dikawal dengan rem cakram.

Itu membuktikan bahwa rem cakram memiliki kelebihan dibanding rem tromol. Seperti misalnya saat musim hujan seperti ini, di mana-mana terdapat genangan air yang membuat sistem pengereman bisa saja terendam. Adanya rem cakram cukup membantu.

Yanu Suprapto, Kepala Mekanik AHASS Sumber Jaya Motor Pulogebang mengatakan, untuk rem cakram sendiri, ketika terkena air fungsinya masih tetap baik. Dibanding rem tromol yang berkurang performanya.

Tidak berhenti sampai situ, ketika air tidak lagi merendam bagian dalam tromol dan hanya menyisakan sedikit sisa-sisa air, tromol menjadi lengket. Itu menyebabkan pengereman menjadi sangat pakem, dan pastinya berbahaya.

“Rem tromol ketika sudah terendam air macam-macam masalahnya, seperti bagian dalamnya menjadi lengket sehingga pengereman bisa mendadak kuat. Lebih lanjut lagi akan timbul bunyi mendecit tiap kali rem ditekan,” ujar Yanu, Selasa (1/12/2015).

Yanu melanjutkan, memang ketika bagian dalamnya sudah mulai panas dan mengering, masalah-masalah tersebut bisa hilang sendirinya. Namun, jika dalam jangka waktu lama tidak kunjung normal, maka segera periksakan ke bengkel.

“Kalau untuk rem tromol sangat mudah, hanya tinggal disemprot menggunakan angin saja,” ujar Yanu.

Jadi memang dibanding dengan rem cakram, rem tromol lebih beresiko ketika melalui genangan air. Rem cakram lebih kebal terhadap genagan air. Membersihkannya juga mudah, karena berada di luar, tidak harus membongkar. Namun, memang saat ini  pabrikan sepeda motor masih menggunakan kombinasi dua rem ini.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa