Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lakukan Ini Jika Pemantik di Mobil Tak Berfungsi

Ghulam Muhammad Nayazri - Minggu, 22 November 2015 | 12:52 WIB

Jakarta, Otomania  -
Lighter atau pemantik rokok, saat ini sudah banyak beralih fungsi menjadi power outlet. Di dalam kendaraan, ini jadi fitur yang wajib ada, karena biasanya digunakan untuk sarana mengisi ulang baterai gadget atau handphone.

Sapta Agung Nugraha, Service Head Toyota Auto2000 Pramuka mengatakan, kebanyakan bukan lagi jadi pemantik rokok. Karena merokok tidak dianjurkan di kabin karena akan membuat ruang dan AC (air condition) menjadi bau.

“Maka dari itu fungsi lighter sendiri, sekarang sudah banyak beralih fungsi menjadi power outlet. Digunakan sebagai sumber tegangan saat kita ingin menggunakan alat elektronik di dalam kendaraan,” ujar Sapta kepada Otomania, Kamis (12/11/2015).

Sapta melanjutkan, karena sangat dibutuhkan, jika power outlet ini rusak, tentu akan menjengkelkan. Tidak berfungsinya lighter bisa disebabkan dari banyak faktor.

Bisa dikarenakan lighter itu sendiri yang rusak, ataupun dari sumber arus yang masuk ke sistem  terputus. Jika begitu, langsung ganti sekring CIG (biasanya pada Avanza dan Innova) dalam "rumah" sekring.

“Apabila permasalahannya lebih dari itu, sebaiknya dilakukan di bengkel resmi,” ujar Sapta.

Bisa juga di bengkel langganan yang sudah dipercaya. Apabila salah bisa mengakibatkan short circuit sistem kelistrikan kendaraan. Selain itu perlu juga dicek keaslian part yang diganti.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa