Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Punya Daihatsu Taft, Jangan Lupakan Ini

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 21 November 2015 | 07:28 WIB

Jakarta, Otomania -
Memiliki mobil yang tidak lagi muda, mungkin ada beberapa perawatan yang perlu diperhatikan. Seperti salah satunya Daihatsu Taft yang jaya di era 1990-an.

Taufik Eko Yudanto, Founder Komunitas Taft Diesel Indonesia mencoba berbagai tips. Saat ditanyakan, Taufik mengatakan, sebenarnya tidak ada perawatan khusus untuk kendaraaan ini, hanya saja ada beberapa yang harus diperhatikan, agar kondisinya tetap prima. Tidak banyak poinnya, hanya saja harus rajin dilakukan.

"Pertama yang pasti yaitu memeriksa kondisi oli mesin, minyak rem dan minyak power steering. Kemudian jangan sering-sering membiarkan isi tangki bahan bakar dalam keadaan kurang dari seperempatnya. Karena bisa saja akan terisi oleh udara," ujar Taufik kepada Otomania, Selasa (20/10/2015).

Taufik menambahkan, perhatikan baik-baik bila indikator water sedimenter menyala, artinya harus menguras water sedimenter tank. Posisinya berada di bawah fuel filter. Hanya tinggal dibuka bautnya yang berada pada bagian bawah, lalu tiriskan airnya hingga kering, setelah itu pasang kembali baut penutupnya.

Sering Lalai

Taufik menambahkan, pemilik mobil ini juga kerap lalai terhadap perawatan-perawatan. Seperti misalnya lupa mengisi kembali bahan bakar minyak (BBM), ketika posisinya sudah seperempat isi tanki. Kemudian lupa memeriksa kondisi oli lewat dip stick, lupa mengganti oli gardan depan dan transfercase.

"Selain itu, mereka juga sering kali lengah memperhatikan volt meter, sehingga pengisian aki sering di bawah standar. Lalu terakhir, terlewat untuk menguras air di bawah filter bahan bakar (water sedimenter)," ujar Taufik.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa