Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Akibatnya Bila Sering Gonta-ganti Merek Oli

Ghulam Muhammad Nayazri - Jumat, 27 November 2015 | 10:38 WIB

Jakarta, Otomania –
Semua pemilik kendaraan pastinya sudah paham betul fungsi dari pelumas mesin atau oli. Jika telat atau terlewat ketika sudah saatnya diganti, maka mesin bisa mengalami kerusakan.

Namun, apabila ada kasus lain, seperti mesin mobil sering gonta-ganti merek oli, apakah akan menimbulkan masalah?

Shofwatuzzaki, Shell Lubricant Technical Advisor Indonesia mengatakan, sebenarnya hal tersebut tidak bermasalah, tapi ada syaratnya. Lakukan pengurasan ruang oli dengan benar-benar bersih, sebelum oli lain masuk ke dalam.

“Selama kita bisa menjamin, pengurasan oli itu bersih, tidak akan bermasalah. Namun, walaupun masih ada yang tersisa, harus benar-benar sedikit, satu tetes misalnya,” ujar Zakki, Jumat (6/11/2015).

Kemudian, lanjut Zakki, jika ada sedikit percampuran yang terjadi antar oli, namun keduanya merupakan jenis oli berkualitas, akan baik-bak saja. Tapi baiknya sesuaikan mesin dengan jenis olinya, jika memang sudah cocok sebaiknya jangan diganti, sebelum ada rekomendasi teknisi terpercaya.

“Efek jika ada pencampuran (sengaja atau tidak disengaja) antara satu oli dan oli lain, maka tidak akan optimal pelumas itu bekerja. Seperti misalnya satu kualitas oli yang baik bercampur dengan oli yang kualitasnya jelek, akan bagus kalau yang jelek bisa jadi bagus, tapi kalau sebaliknya, pasti akan rugi. Jadi yang terpenting pengurasannya baik,” ujar Zakki.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa